Proyek Tol Cikampek-Cirebon Selesai 2015

July 18, 2013 9:47 amComments OffViews: 158

I-INEWS, JAKARTA – Proyek tol Cikampek-Palimanan (Cirebon), Jawa Barat mulai memasuki proses konstruksi. Tol sepanjang 116 Km ditargetkan selesai 2015.

Keberadaan tol ini akan mempersingkat waktu tempuh Cikampek-Cirebon bisa lebih cepat menjadi sekitar 1,5 jam. Sedangkan jika menggunakan jalan umum membutuhkan waktu hingga 3,5 jam.

“Dari Cikampek sampai ke Palimanan itu 116 Km, kalau kecepatannya 100 km/jam aja, itu dari Cirebon ke Cikampek itu bisa 1 setengah jam,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Achmad Ghani Ghazali saat ditemui wartawan, Kamis (18/7).

Ghani mengungkapkan selama ini masyarakat yang menuju Cikampek-Cirebon atau sebaliknya banyak menghabiskan waktu di jalan karena macet parah di lintasan jalan umum kedua wilayah tersebut.

“Di tol nggak ada hambatannya. Selama ini kan (non tol) ada pasar tumpah, patrol, dan lain-lain. Itu yang bikin memperlambat,” katanya.

Ghani mengatakan, saat ini proses land clearing atau pembebasan lahan sudah mencapai 95%. Di sisi lain, pihak bank sudah berkomitmen dan siap mengucurkan dana pinjaman yang totalnya mencapai Rp 8,8 triliun.

Pihak kontraktor pun sudah siap melakukan konstruksi fisik. Ghani mengatakan, bentuk dari tol ini sudah terlihat dari udara, meski belum berbentuk fisik jalan.

“Selesai 2015, tapi kita lagi coba 2014 kita coba tapi kalau dari jadwal 2015,” tutupnya. (IN-50)Dibaca (342) Kali

You might also likeclose