Pembangunan Tol Trans Sumatera Dimulai September

July 11, 2013 10:24 pmComments OffViews: 123

Jalan Tol SumateraI-INEWS, JAKARTA – Pemerintah melakukan rapat untuk membahas perkembangan proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera. Ground breaking Jalan Tol Medan-Binjai, rencananya akan dilakukan pada September 2013.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, masalah penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera ini akan segera diproses. Dia menargetkan, kalau bisa akhir September Jalan Tol Medan-Binjai sudah bisa ground breaking.

Dahlan mengatakan, saat ini proyek pembangunan jalan tol Sumatra masih dalam proses penunjukan Hutama Karya sebagai pelaksana proyek. Namun, dia menambahkan bahwa Peraturan Presiden (PP) belum penunjukan Hutama Karya masih belum keluar. Dalam pepres tersebut, disebutkan Hutama Karya sebagai pelaksana proyek tapi tidak menyebutkan ruas-ruas jalannya.

Pemerintah merencanakan bahwa pembangunan jalan tol Sumatra akan dikerjakan konsorsium, namun Dahlan mengatakan saat ini masih dalam proses penunjukan Hutama Karya, belum sampai pada pembahasan konsorsium.

“Sekarang yang ditunjuk Hutama Karya karena 100 persen milik negara,” kata dia di kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (11/7).

Sementara menyangkut dana yang diperlukan untuk proyek tersebut pemerintah baru menganggarkan dana Rp2 miliar. Ketika ditanya kekurangan terkait kekurangan dana, Dahlan mengatakan pemerintah belum membahasnya.

“Belum sampai ke sana,” kata dia.

Sekadar infromasi, Jalan Tol Trans-Sumatra adalah sebuah jalan tol sepanjang 2.700 km yang menghubungkan Lampung dengan Aceh di pulau Sumatra. Jalan tol ini pada 2012 diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp150 triliun. Dengan adanya jalan tol ini nantinya, kehidupan di Pulau Sumatera diyakini akan mengalahkan kehidupan di Pulau Jawa.

Pada 20 Februari 2012, Dahlan pernah mengadakan pertemuan dengan para gubernur se-Sumatera di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan.

Pertemuan ini membahas percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera.
Dalam pertemuan tersebut juga hadir Deputi Kementerian BUMN bidang Infrastruktur Sumaryanto, Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman dan Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Abdul Hadi.

Dikarenakan secara ekonomi pembangunan jalan Tol di Sumatra masih terlalu berat, maka disepakati untuk membangun perusahaan patungan antara Jasa Marga dan setiap pemda di Sumatera. (IN-44)Dibaca (316) Kali

You might also likeclose