Pembangunan Konstruksi Bandar Udara Tebelian Kab Sintang Kalbar

July 29, 2013 8:16 pmComments OffViews: 217

I-INEWS, SINTANG – Bandara Susilo Kabupaten Sintang merupakan bandara pesawat kecil yang hanya melayani pesawat perintis dan pesawat berbadan kecil di Kab Sintang. Saat ini hanya beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute di kabupaten ini. Potensi investasi di Kabupaten Sintang sangat besar dan transportasi merupakan hambatan bagi investor masuk ke kabupaten ini.

Dengan luas lahan yang terbatas membuat pengembangan area bandara ini mengalami kendala. Sehingga Pemda Kabupaten Sintang mulai membuat perencanaan lokasi baru bandar udara yang berlokasi di Tebelian Sintang. Sejak tahun 2012 pengembangan kawasan ini terus gencar dilakukan Pemda Kabupaten Sintang dan terlihat progress yang baik dari pengerjaan proyek ini.

Seperti yang dilansir dari beritadaerah.com, Senin (29/7/2013), Bandar Udara Tebelian direncanakan akan menjadi bandara embarkasi haji dan menjadi salah satu bandar udara internasional di Kalimantan. Ditargetkan tahun 2014 pembangunan runway bandar udara bertaraf internasional itu selesai. Sehingga tahun 2015 bandar udara ini dapat difungsikan. Akes jalan menuju bandara dan sarana pendukung lain saat ini terus dilakukan persiapannya oleh Pemkab Sintang. Bahkan pembebasan lahan sebanyak 500 ha sebagai pengembangan ke depan kawasan bandar udara ini telah disiapkan oleh pemda.

Untuk itu Departemen Perhubungan bersama kabupaten Sintang melakukan tahapan pelelangan sampai batas penawaran akhir tanggal 22 Juli 2013. Lelang ini dilakukan oleh LPSE Departemen Perhubungan.

Dalam pengerjaan konstruksi landas pacu, stopway, turning area, pekerjaan tanah di areal taxiway, apron, runway strip, dan drainase di Bandara Tebelian Kab Sintang maka proyek ini ditawarkan dengan nilai pagu sebesar Rp 83.750.000.000,00

Kategori : Pekerjaan Kontruksi

Kualifikasi : Perusahaan Non Kecil

Sumber Dana : APBN 2013

(IN-50)Dibaca (348) Kali

You might also likeclose