Pemkot Depok Bayar Ganti Rugi Lahan Proyek Tol Desari

April 9, 2013 7:44 amComments OffViews: 185

Kepala Seksi Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Pemerintah Kota Depok Tito Riyadi mengatakan, pembayaran ini dilakukan sambil terus mendata bidang tanah untuk membebaskan lahan. Sejauh ini, Pemkot Depok fokus di wilayah Krukut, Gandul, dan Pangkalan Jati.

Sementara untuk wilayah Krukut, saat ini sedang diinventarisasi Pihaknya masih menunggu peta bidang dari Badan Pertanahan Nasional (BPN). Baru setelah itu akan turun tim penilai ke lapangan.

“Setelah itu turun tim penilai. Hasil penilaian tanah keluar,” ujarnya kepada wartawan, di Balaikota Depok, Selasa (9/4).

Namun Tito tak bisa menargetkan sampai kapan pembebasan lahan dilakukan.

“Pembebasan lahan seksi I sampai Sawangan, seksi II Sawangan ke Bojonggede. Secepatnya yang penting tiap tahapan sudah dilakukan. Baru kita mengarah ke kelurahan Grogol dan Rangkapan Jaya,” ungkapnya.

“Kalau Desari memang baru mulai 2012. Soal harga peran dari Pak lurah, komunikasi dengan warga, contohnya Pangkalan Jati Baru, aktif forum warganya di sana,” paparnya.

Tito mengakui, penolakan masyarakat atas harga yang ditawarkan tetap ada. Namun Tito berharap peran lurah di masing-masing wilayah mampu berperan optimal untuk membangun kesepakatan.

Tito juga mengungkapkan bahwa pembebasan lahan serta pembayaran ganti rugi dibagi menjadi beberapa zona. Zona rumah warga yang dekat dengan akses jalan raya tentu tanahnya dibayar lebih mahal.

“Di Pangkalan Jati yang paling tinggi kita bayar Rp3,4 juta per meter. Ada beberapa zona, rangenya dari Rp1 juta sampai Rp3 jutaan lah,” tegasnya.

Sebanyak 3.213 ruas bidang tanah di delapan kelurahan akan dibebaskan. Delapan kelurahan yang terkena Tol Desari yaitu Kelurahan Pangkalan Jati (436), Gandul (98), Krukut (720), Grogol (402), Rangkapan Jaya Lama (327), Rangkapan Jaya Baru (572), Cipayung (375) dan Cipayung Jaya (278). Totalnya ada 3.213 ruas bidang tanah yang akan dibebaskan.

Panjang Tol Depok-Antasari adalah 22,82 kilometer. Sebelumnya rencana pembangunan akan dilakukan tiga tahap, yaitu tahap I sepanjang 6,85 km (Antasari-Cinere), tahap II 6,3 km (Cinere-Sawangan), dan tahap III sepanjang 9,44 km (Sawangan-Bojonggede). (IN-30)

Dibaca (344) Kali

You might also likeclose