Modifikasi Kapal Ferry Bekas Asal Inggris Habiskan Rp 32 Miliar

January 2, 2013 12:45 amComments OffViews: 7

Miliar dana masih harus digelontorkan untuk memodifikasi kapal-kapal itu untuk menyesuaikan dengan spesifikasi pelabuhan penyeberangan di Merak.

Biaya modifikasinya juga tidak kecil. Mencapai Rp 8 miliar per unit dengan waktu dua bulan. PT ASDP berencana memodifikasi 3-4 unit ferry tersebut di PT Dok Kodja Bahari (DKB).

Sebuah sumber menyebutkan, kapal-kapal bekas itu tiba sejak awal Oktober 2012 dan langsung diarahkan ke galangan I DKB.

“Modifikasi ditargetkan selesai pada akhir Desember 2012 ini. Sehingga bisa segera di-deliver kepada ASDP,” ujar sumber itu kepada wartawan, di Jakarta, dikutip Rabu (2/1/2013).

Ketika dikonfirmasi, Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT DKB Bambang Wibisono mengakui 1 unit ferry bekas milik ASDP asal Inggris sedang docking di Galangan I DKB untuk menjalani modifikasi.

“Ya, mereka (ASDP, red) kan baru beli kapal, dan memang untuk Pelabuhan Merak itu butuh spesifikasi yang harus disesuaikan dari negara asalnya, Inggris ya,” kata Bambang.

Adapun bagian yang dimodifikasi, kata dia, di antaranya, desain pintu untuk jalur keluar masuk mobil ke dalam dan keluar ferry.

“Itu yang utama mereka (ASDP, red) minta untuk DKB lakukan. Kapalnya disesuaikan dengan pelabuhannya, di modifikasilah, desain terutama untuk bongkar muat. Supaya sesuai dengan Pelabuhan Merak,” terang Bambang. (IN-20/IN-25)

Dibaca (73) Kali

You might also likeclose