PU Kerjasama Swedia Kembangkan Kota Hijau

March 22, 2012 12:52 pmComments OffViews: 4

Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Imam Santoso Ernawi mengatakan, kegiatan ini dapat berjalan sinergis dengan Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang telah bergulir sejak 2011, khususnya dengan memperluas atribut kota-hijau di kota masing-masing.

“Selanjutnya, kota-kota yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi lokomotif dalam perwujudan kota hijau di Indonesia,” kata imam, Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Duta Besar Swedia untuk Indonesia Ewa Polano mengungkapkan, SymbioCity merupakan konsep pembangunan kota hijau ala Swedia yang komprehensif dan holistik dan telah berhasil diterapkan di Swedia.

“Kami berharap pengalaman serupa dapat berhasil pula pada kota-kota di Indonesia dalam konteks dan skala yang tentu berbeda,” katanya.

Melalui proses berbagi pengetahuan dan pendampingan teknis yang akan dilakukan, diharapkan setiap pihak dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dalam pengembangan perkotaan berkelanjutan.

Peserta yang akan terlibat dalam kegiatan SymbioCity terdiri atas 8 kota, yaitu Bukittinggi, Banjarmasin, Surakarta, Probolinggo, Denpasar, Palu, Gorontalo, dan Ambon yang kesemuanya merupakan peserta P2KH 2011-2012. Fokus yang akan dilakukan pada kegiatan ini meliputi perluasan penerapan atribut kota hijau, seperti green water, green waste, green transportation, green building, dan green energy.

Melalui kerjasama yang dikembangkan dalam bingkai SymbioCity ini, setiap kota diarahkan untuk dapat dirumuskan suatu kerangka kerja yang baik untuk menuju kota hijau yang berkelanjutan.

“Karenanya, dalam workshop ini, diharapkan dapat dirumuskan keluaran berupa Rencana Aksi yang konkret sebagai basis penerapan pelaksanaan kerjasama yang operasional dan akan dilakukan di setiap kota peserta SymbioCity,” kata Imam. (IN-35)

Dibaca (47) Kali

You might also likeclose